Selasa, 07 April 2009

MEMBUAT NGENGAT ROBO

Robot ini saya beri nama ngengat robo karena robot ini dapat mengikuti cahaya senter yang diarahkan ke kedua sensor cahaya, cara membuatnya sangat mudah sekali asalkan anda memiliki sedikit keterampilan dibidang elektronik. Selain komponen elektronik anda juga memerlukan beberapa benda untuk membuat badan robot, anda bisa menggunakan triplek sebagai badan robot bahan ini selain murah juga mudah didapat.
Berikut contoh ngengat robo yang pernah saya buat:
Robot ini menggunakan sebuah IC ATmega8535 sebagai otak dari robot, selain itu dengan menggunakan IC ATmega8535 anda bisa menggunakan sebuah LCD agar tampilan robot lebih elegan, robot ini hanya terdiri dari 4 blok rangkaian elektronik saja (sederhana sekali bukan), diantaranya:
1. Rangkaian sensor
2. Rangkaian mikrokontroler
3. Rangkaian driver untuk motor
4. Rangkain tampilan LCD
Sedangkan untuk mekanik saya menggunakan sisa-sisa triplek yang ada di gudang rumah saya (jadi wajar kan kalo robotnya keliatan kemproh) trus kalo di bagian gear box sistim mekanisnya sama dengan sistim mekanis pada mobil-mobilan mini car yang punya torsi besar, jadi sistim mekanis ini sangat cocok sekali digunkan pada motor yang memiliki torsi kecil seperti motor yang saya pakai, motor yang saya pakai adalah motor yang biasanya dipakai di mobil-mobilan tamiya.
Tapi jika anda berfikir kalo rangkaian itu kurang sederhana, coba buat ngengat robo hanya menggunakan rangkaian di bawah ini:












Jadi anda tidak perlu susah-susah belajar bahasa pemrograman yang sangat njlimet itu (tapi sebenarnya asik koq belajar bahasa pemrograman)
Tapi jika anda menggunakan rangkaian itu sensor harus selalu mendeteksi cahaya dari senter, jika tidak robot tidak akan bergerak, intinya jika robot bergerak ke kiri maka sensor kiri harus selalu mendeteksi cahaya . Jadi berbeda sekali jika kita menggunakan mikrokontroler, robot akan bergerak ke kiri jika sensor kiri mendeteksi cahaya atau sensor kiri telah mendeteksi cahaya (tentunya sesuai dengan programnya y…)













Oya…hampir lupa, untuk roda bebas saya menggunakan tempatnya sebuah deodorant pada bagian yang bisa berputar, trus selain itu rangkaian yang saya tampilkan saya dapat waktu saya ikut pelatihan sistim control industri di BLPT Surabaya jawa timur. Trus rangkaian elektronik di atas hanya untuk 1 motor saja, jadi anda perlu membuatnya 1 lagi.ok.


Add caption

5 komentar:

  1. Sedangkan untuk mekanik saya menggunakan sisa-sisa triplek yang ada di gudang rumah saya (jadi wajar kan kalo robotnya keliatan kemproh)(kata-katamu jujur banget jal)

    BalasHapus